Bolehkah Mengumumkan Penetapan Sita Jaminan di Surat Kabar?

Setiap tindakan tentu ada resikonya, pertimbangkan agar tindakan kita memiliki risiko yang terukur.

Pernah ada Klien kami yang geram dengan bekas rekanan bisnisnya. Karena merasa tertipu atas penjualan lahan perkebunan yang ternyata izinnya bodong, tak pelak dia melayangkan gugatan kepada bekas rekanan bisnisnya tadi.

Agar gugatan tidak sia-sia, permohonan sita jaminan juga diajukan. Ketika majelis hakim mengabulkan sita jaminan Klien kami, kemudian klien kami meminta agar kami memuat pengumuman sita jaminan tersebut di media massa, dengan tujuan untuk memberikan tekanan kepada lawannya. Ketika itu kami menjelaskan bahwa sifat penetapan sita jaminan memang terbuka untuk umum, artinya publik boleh mengetahui penetapan tersebut.

Bolehkah Mengumumkan Penetapan Sita Jaminan di Surat Kabar?

sumber dari Tribunnews.com

Akan tetapi, bukan berarti penetapan sita jaminan dapat begitu saja diumumkan di media massa. Kami telah menjelaskan bahwa apabila sita jaminan tersebut dipublikasikan, dapat saja pihak lawan akan mengajukan keberatan ataupun perlawanan berupa laporan pidana ataupun gugatan pencemaran nama baik terhadap Klien kami, sekalipun tidak memiliki dasar yang kuat.

Sangat mungkin gugatan balik dari lawan ditujukan untuk memecah fokus dan konsentrasi klien kami dalam proses gugatan yang diajukan klien kami. Namun Klien kami berpendirian untuk tetap mempublikasikan sita jaminan tersebut melalui surat kabar.

Apa boleh dikata, 3 hari setelah dimuatnya pengumuman sita jaminan di surat kabar, pihak lawan merasa keberatan dan mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum terhadap Klien kami.

Pada akhirnya memang gugatan tersebut ditolak, namun klien kami tetap mengeluarkan biaya lagi untuk menghadapi gugatan tersebut. Mungkin saja uang tidak jadi soal bagi klien kami, tapi gugatan tersebut menambah beban pikiran Klien kami untuk memastikan gugatan tersebut ditolak dan tidak jadi bumerang baginya.

Ingin berkonsultasi mengenai permohonan sita jaminan atau perkara litigasi khususnya mengenai ketentuan Sita Jaminan yang anda hadapi, silahkan menghubungi: info@smartcolaw.com.

Bimo Prasetio